BPBD KOTA TANJUNGBALAI MENGIKUTI KEGIATAN JAMBORE KESIAPSIAGAAN BENCANA DAERAH TAHUN 2019 DI SERDANG BEDAGAI

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar persiapan pelaksanaan Jambore Kesiapsiagaan Bencana Daerah tingkat Sumut yang diikuti oleh jajaran BPBD Provsu, BPBD Kabupten/Kota se Sumatera Utara, sejumlah OPD tingkat Provinsi Sumatera Utara serta LSM/NGO PB di Sumut.

Adapun pelaksanaan Jambore Kesiapsiagaan Bencana Daerah Provinsi Sumut dilaksanakan di kebun gunung pamela PTPN III Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 22-25 Oktober 2019.

persiapan untuk pegelaran Jambore Kesiapsiagaan Bencana Daerah Provinsi Sumut dibuka langsung oleh Kepala BPBD Provsu DR. Ir. H. Riadil Akhir Lubis, MSi yang didampingi oleh Sekretaris BPBD Provsu Rita Tavip Megawati, S.Sos, M.Si dan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provsu Gelora Viva Sinulingga SE MM.

Dalam memberikan arahannya, Kepala BPBD Provsu DR. Ir. H. Riadil Akhir Lubis, M.Si menyampaikan bahwa Gubernur Sumut akan hadir membuka kegiatan Jambore Kesiapsiagaan Bencana Daerah.

“Gubernur Sumut Bapak Edy Rahmayadi kita harapkan akan hadir membuka kegiatan ini. Selanjutnya, Bapak Gubernur juga akan turut mengikuti kegiatan arung jeram yang digelar pada pelaksanaan Jambore nantinya, bahwa sebanyak 17 Bupati/Walikota se Sumut juga akan diberikan apresiasi pada kegiatan Jambore Kesiapsiaagan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Utara. “Apresiasi tersebut terkait dengan telah terbentuknya desa dan kelurahan tangguh bencana di 17 daerah Kabupaten/Kota tersebut,” ucap Riadil.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provsu Gelora Viva Sinulingga SE MM menyampaikan, kegiatan Jambore Kesiapsiagaan Bencana Daerah Provinsi Sumut akan diikuti oleh 1000 peserta dalam kegiatan ini, dimana para peserta yang hadir nantinya terdiri dari jajaran BPBD Provsu, BPBD Kabupaten/Kota se Sumut, jajaran OPD Provsu, SAR, dan para relawan,” katanya.

Acara Jambore Kesiapsiagaan Bencana Daerah Provinsi Sumut ini sendiri digelar setiap 2 tahun sekali yang sekaligus sebagai sebagai ajang pertemuan antara para pelaku penanggulangan bencana untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi, serta berbagi dalam rangka meningkatkan ketangguhan menghadapi bencana.

Dalam kegiatan jambore ini nantinya, sejumlah kegiatan juga turut digelar, mulai dari apel siaga, serta kegiatan yang menguji kekompakan, kecerdasan , dan ketangkasan dari para peserta. Mulai dari lomba pendirian tenda, uji ketangkasan di dapur umum, Cerdas Cermat serta PPGD.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *